Tingkatkan Jurnal Internasional, STIE AMIK STMIK Lembah Dempo Gelar Lokakarya Penulisan Jurnal Internasional & HKI

Admin - 2019-11-30 / 07:58:12

Bagikan:


Bertempat di Aula Lembah Dempo, STIE AMIK STMIK Lembah Dempo berkerja sama dengan IBI Darmajaya Lampung menggelar Lokakarya Penulisan Jurnal Internasional & HKI yang bertajuk “Peningkatan kemampuan dan kualitas menulis Dosen di Era 4.0”.

Acara berlangsung pada hari Kamis, 21 November 2019 dengan menghadirkan narasumber berkompten dibidangnya, yaitu Ibu Dr. Faurani Santi Singgagerda,S.E.,M.Sc dan Ibu Fitria,ST.,M.Kom dari Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. Kegiatan ini diikuti sekitar 38 Peserta yang merupakan Dosen STIE AMIK STMIK Lembah Dempo, Dosen dari Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam dan STIE Serelo Lahat.

Dalam laporan Ketua Panitia kegiatan lokakarya Ibu Kusnita Yusmiarti,M.Kom mengungkapkan bahwa tujuan diadakan lokakarya tersebut adalah untuk mengajak para peserta membiasakan diri menulis artikel di jurnal internasional yang dapat mendukung kenaikan pangkat dan juga bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi.

Lokakarya terserbut dibuka langsung oleh Ketua STIE Lembah Dempo Dr. Elvera, S.E.,M.Sc. Dalam sambutannya beliau mendorong para peserta agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya guna menambah keterampilan menulis dalam jurnal internasional.

“Kami berharap para peserta dapat mengambil pelajaran dari materi lokakarya ini sekaligu menerapkan dalam kegiatan ilmiah yang bermanfaat sekaligus mampu menghasilkan karya berupa artikel yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga penandatanganan MOU antara STIE AMIK STMIK Lembah Dempo dan IBI Darmajaya terkait Tridarma Perguruan Tinggi.
Memasuki acara inti materi pertama dipaparkan oleh Dr. Faurani Santi Singgagerda,S.E.,M.Sc yang memaparkan tips dan trik agar masuk jurnal internasional diantaranya ketahui pangsa pasar, pembuatan manuscrift jurnal yang baik memudahkan pembaca memahami isinya, hindari plagiarism, dan jangan takut terhadap rejection karena akan terus mengasah skill kita dalam menulis.

Setelah isoma selesai dilanjutkan pemateri kedua oleh Ibu Fitria,S.T.,M.Kom yang memaparkan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dalam paparanya ia menekankan bahwa setiap Perguruan Tinggi Swasta hendaknya memiliki HKI, jika belum ada wajib untuk segera mendaftarkannya melalui website DJKI (Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual) agar hasil karya dosen bisa dipatenkan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiriGambar mungkin berisi: 2 orang, lapangan basket dan dalam ruangan