AMIK Lembah Dempo Serahkan Teknologi Tepat Guna Kepada UKM Kota Pagar Alam

Admin - 2019-11-23 / 12:09:09

Bagikan:


Sebagai pelaksanaan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Pada Masyarakat, Rabu, 20 November 2019 AMIK Lembah Dempo menyerahkan teknologi tepat guna kepada Usaha Kecil Menengah di Kota Pagar Alam. Kegiatan ini merupakan output dari program penerapan teknologi tepat guna (PPTG) dari Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2019. Dimana AMIK Lembah Dempo melalui tim yang diketuai oleh Dr. Nisma Aprini, S.P., M.Si dengan anggota Heriansyah,M.Kom dan Putri Maharani,M.Kom,  merupakan satu-satunya perguruan tinggi dilingkungan LLDIKTI Wilayah II yang mendapatkan hibah PPTTG.

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Direktur AMIK Lembah Dempo yaitu bapak Lendy Rahmadi, M.Kom kepada mitraprogram PPTTG yaitu UKM Depati Kopi dan UKM Kawah Dempo. UKM Depati Kopi dan UKM Kawah Dempo merupakan UKM pengolahan kopi di Pagar Alam yang dipilih menjadi mitra PPTTG 2019. Penyerahan dilakukan pada hari Rabu 19 November 2019 di lokasi mitra PPTTG, yaitu Rumah Kopi Depati Kopi di Terminal Nendagung dan Rumah Produksi Kopi Kawah Dempo di Perumnas Nendagung.

Dalam sambutannya, Direktur AMIK Lembah Dempo mengatakan bahwa AMIK Lembah Dempo sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kota Pagar Alam terus berupaya berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung bagi Kota Pagar Alam, salah satunya melalui kegiatan pada hari ini, dimana AMIK Lembah Dempo berkontribusi dengan menyerahkan beberapa produk teknologi tepat guna bagi pelaku usaha di Kota Pagaralam. “Harapan kami dengan produk-produk hasil ide dan pemikiran para dosen AMIK Lembah Dempo dapat membantu dan meningkatkan baik dari sisi produktifitas, efisiensi mapun peningkatan ekonomi bagi mitra kami,”pungkasnya.

Sementara Hendy Romiko selaku ketua UKM Depati Kopi mengucapkan terima kasih atas usaha dan perhatian yang diberikan dari AMIK Lembah Dempo khususnya tim PPTTG kepada pelaku usaha kecil di Kota Pagar Alam. “Tidak ada kata yang bisa saya sampaikan selain ribuan ucapan terima kasih atas semua ide pemikiran, usaha dan perhatian bapak/ibu kepada kami. Bapak/Ibu sudah membantu menyelesaikan beberapa kendala yang kami hadapi dalam kegiatan usaha kami saat ini, terutama mengatasi masalah dalam hal penyortiran ukuran biji kopi sebelum diroasting”. Hendi juga berharap bahwa kedepan akan ada kolaborasi lebih lanjut antara pelaku usaha dengan dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi untuk mengembangkan teknologi-teknologi bagi pelaku usaha, serta pelatihan-pelatihan kewirausahaan bagi para mahasiswa dengan menggandeng para pelaku usaha secara langsung, sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi dikelas saja tetapi juga mendapatkan pengalaman dan materi yang bersifat teknis dari pelaku usaha.

Miladi Susanto selaku ketua UKM Kopi Kawah Dempo dalam sambutannya di rumah produksi kopi kawah dempo menyampaikan terima kasih kepada para dosen dari AMIK Lembah Dempo, yang telah memberikan bantuan teknologi-teknologi untuk mengembangkan Rumah Produksi Kopi Kawah Dempo, khususnya teknologi dalam bidang IT. “Selama ini saya ini gaptek pak, pengen sebenarnya punya website atau aplikasi untuk mengembangkan usaha ini, tapi ya karena gaptek jadi sampai sekarang gak bisa. Alhamdulillah Allah menjawab keinginan saya, hari ini bapak/ibu datang membantu saya dengan produk-produk yang insya allah sangat membantu kami, untuk itu sebagai salah satu ungkapan syukur, kami mengadakan syukuran kecil-kecilan dengan membuat tumpeng khusus untuk kegiatan ini” Demikian disampaikan Bapak Miladi Susanto sesaat sebelum direktur AMIK Lembah Dempo diberikan kesempatan untuk memotong nasi tumpeng.

Sementara itu Dr. Nisma Aprini, S.P., M.Si selaku ketua Tim PPTTG menjelaskan bahwa program PPTTG merupakan program hibah dari kemenristekdikti bagi dosen untuk melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang penerapan teknologi tepat guna. Adapaun teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh tim PPTTG AMIK Lembah Dempo bagi UKM Pengolahan kopi di Pagar Alam adalah 1) Teknologi Mesin Sortir Biji Kopi, 2) Aplikasi Data Logger untuk Mesin Roasting Kopi, 3) Website E-Commerce, 4) Video Promosi, dan 5) Aplikasi Penjualan (Point of Sales) bagi Kedai Kopi.