Dosen STMIK Lembah Dempo Raih Best Paper pada 5th ICITB 2019

Admin - 2019-12-14 / 09:24:36

Bagikan:


Dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah bagi dosen, STMIK Lembah Dempo berpartisipasi pada seminar internasional “5th International Conference Technology and Business ( 5th ICITB) 2019” yang digelar oleh Institut Darmajaya Lampung dengan tema “Empowering Business with Modern Technologies and Challenges In Big Data”. Dalam acara tersebut, STMIK Lembah Dempo mendapatkan penghargaan dengan terpilih sebagai “Best Paper” dalam topik ilmu komputer dan teknologi melalui paper yang berjudul “Design of Game Design Document as An Interactive Media to Introduce The Culture of Pagar Alam City” yang ditulis oleh Lendi Rahmadi, M.Kom dan Arif Prambayun, M.Kom.

5th ICITB 2019 merupakan kegiatan ilmiah bagi para Akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang big data dan analisis di era teknologi modern saat ini. Acara ini diselenggarakan pada hari rabu, 11 Desember 2019 di Ballroom Hotel Emersia Kota Bandar Lampung. Acara ini diikuti oleh100 peserta ICITB dengan 63 pemakalah dengan keynote speaker Ilyas Ozer, M.Sc., Ph.D. selaku Vice-dean Faculty of Engineering and Natural Sciences Bandirma Onyedi Eylul University Balikesir, Turkey; Akhmad Unggul P., Ph.D. selaku Postgraduate Lecturer IBI Darmajaya; dan Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T. selaku Vice Rector I.

Lendy Rahmadi, M.Kom Selaku Dosen dan Ketua STMIK Lembah Dempo menyampaikan bahwa prestasi ini membuktikan integritas dari STMIK Lembah Dempo dalam bidang inovasi dan riset, dimana para dosen melakukan riset untuk menjawab tantangan dibidang teknologi informasi dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, dan semoga prestasi yang diraih ini dapat memacu dosen dilingkungan STIE AMIK STMIK Lembah Dempo untuk lebih giat melakukan riset sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

Kemudian Lendy menjelaskan inti dari paper yang berjudul “Design of Game Design Document as An Interactive Media to Introduce The Culture of Pagar Alam City” tersebut. “Saat ini perkembangan Teknologi Informasi sangat pesat sehingga mempengaruhi berbagai kebutuhan dan perilaku masyarakat. Juga, termasuk memengaruhi minat budaya dan pertumbuhan di Kota Pagar Alam. Saat ini anak muda dan bahkan anak kecil lebih nyaman bermain game di gadget mereka. Sehingga mempengaruhi minat mereka untuk mengenal budaya kampung halamannya sendiri. Pendekatan saat ini juga harus mengikuti perilaku masyarakat dan pengembangan teknologi informasi. Jadi, untuk memperkenalkan budaya kota tercinta mereka, diperlukan media interaktif yang membuat mereka merasa nyaman dan menyenangkan untuk mengenal budaya kota asal mereka. Media interaktif dalam bentuk permainan mobile untuk memperkenalkan budaya Kota Pagar Alam. Sebuah permainan yang disebut "Besemah Raya" sebagai media interaktif untuk memperkenalkan budaya Kota Pagar Alam kepada orang-orang untuk meningkatkan rasa cinta dan melestarikan budaya Kota Pagar Alam”.

Ditempat terpisah Arif Prambayun, M.Kom menambahkah bahwa upaya kami adalah memberikan edukasi tentang budaya, khususnya budaya besemah kepada generasi millennial yang lebih akrab dengan gadgetnya melalui game edukasi dengan konten bermuatan budaya besemah. Mudah-mudahan paper yang kami tulis ini mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan akademik maupun pelestarian budaya kota pagaralam.

Fifth ICITB 2019 Empowering Business with Technologies and Challenges in Big Data berakhir dengan Best Paper Ilmu Komputer dan Teknologi sebagai berikut :
1. Design of Game Design Document as An Interactive Media to Introduce The Culture of Pagar Alam City from STMIK Lembah Dempo (Lendi Rahmadi dan Arif Prambayun)

2. A Comparison of The Vector Space Model Method and Winnowing Algorithm to Measure the Similarity of Documents from UPN Jawa Timur (Eva Y Puspaningrum, Budi Nugroho, dan Firza Prima)

3. Prediction of Coffee Price with Propagation Neural Network from STMIK Dian Cipta Cendekia (Dwi Marisa Efendi dan Ferly Ardhy).